Struktur URL paling SEO Friendly di WordPress

Ilustrasi permalink pada WordPress | sumber: AskMeHindi

Banyak faktor yang menentukan tampil atau tidaknya blog di mesin pencari. Mesin pencari seperti Google mempertimbangkan banyak sekali hal, misalnya algoritma RankBrain, domain authority, hingga jumlah backlink yang mengarah situs tersebut.

Namun dibalik semua itu masih ada faktor lain yang menentukan, yaitu optimasi SEO on page yang dilakukan blogger. Bicara soal optimasi SEO ada banyak sekali teknik yang bisa kamu gunakan, seperti optimasi penggunaan tag h1 – h6, memasang internal link dan mengatur URL permalink.

Pada artikel kali ini saya akan sedikit membahas optimasi URL permalink, yang akan saya terapkan pada WordPress.

Mengatur URL permalink pada WordPress agar lebih SEO

Jika belum tahu permalink adalah singkatan dari permanent link atau dalam bahasa Indonesia berarti  tautan permanen. Kebanyakan blogger menggunakan istilah permalink untuk URL.

Sesuai namanya permalink bersifat permanen sehingga menjadi ciri khas suatu blog. Selain itu permalink juga bersifat unik, contoh http://idnextblog.com/ini-judul. Warna merah pada permalink tersebut berbeda – beda dan tidak mungkin sama.

Jadi bisa disimpulkan permalink adalah bagian url yang berada pada domain website.

Baca juga : 7 hal penting yang harus di perhatikan sebelum memilih nama domain

WordPress secara default (otomatis) menggunakan permalink seperti ini:

optimasi-seo-wordpress-1

Permalink seperti ini sangat tidak SEO Friendly, kebanyakan blogger pemula tidak mengetahuinya. Mereka hanya akan gagal karena tidak memikirkan optimasi url ini.

URL yang SEO Friendly adalah URL yang berisi kata kunci utama pada artikel, selain itu URL juga harus pendek dan mudah dibaca. Dengan membuat URL yang SEO Friendly maka kesempatan blog tampil dihalaman pertama pun akan semakin besar.

Berikut contoh URL yang SEO Friendly pada WordPress:

Sedikit informasi WordPress versi 4.2 keatas telah mengganti url permalink defaultnya menjadi lebih SEO Friendly, WordPress secara otomatis akan menjadikan judul artikel sebagai URL. Jika kamu melakukan instalasi WordPress pada versi tersebut maka tidak perlu repot – repot mengganti pengaturan permalinknya.

Tetapi jika instalasi WordPress masih dibawah versi 4.2 kamu harus mengubahnya secara manual, simak panduan di bawah ini baik – baik.

Merubah URL Permalink default di WordPress

Saya diatas sudah menjelaskan sedikit tentang URL permalink yang SEO Friendly. Selanjutnya kita akan mencoba mengubah URL tersebut. WordPress menyediakan berbagai jenis permalink.

Pengaturan permalink pada WordPress
Pengaturan permalink pada WordPress

Untuk mengatur masuk ke halaman tersebut silahkan buka Pengaturan lalu pilih Permalink. Bisa kita lihat ada 6 jenis permalink yang bisa digunakan.

  • Biasa (http://idnextblog.com?p=123)
  • Tanggal dan Nama (http://idnextblog.com/2017/06/19/contoh-tulisan/)
  • Bulan dan Nama (http://idnextblog.com/2017/06/contoh-tulisan/)
  • Numerik (http://idnextblog.com/arsip/123)
  • Nama Tulisan (http://idnextblog.com/contoh-tulisan/)
  • Sturktur Tersesuai

Saya sendiri sangat menyarankan untuk menggunakan Nama Tulisan. Jika menggunakan permalink tersebut URL kita akan semakin pendek, mudah diingat dan SEO Friendly.

Permalink lain yang menurut saya cukup SEO Friendly adalah menggunakan tanggal postingan seperti blogger. Untuk menggunakannya silahkan pilih Bulan dan Nama atau Tanggal dan Nama jika ingin tampil beda.

Namun jika kamu tidak suka gunakan saja Struktur Tersesuai. Kita bisa sesuka hati mengaturnya. Kebanyakan blogger menambahkan nama kategori di URL. Hal ini tidak akan berpengaruh pada SEO asalkan kategori tersebut pendek.

Selain menggunakan kategori masih banyak custom permalink lain yang bisa kita gunakan, berikut adalah beberapa contohnya.

  • %year% = Menampilkan tahun, contoh 2017.
  • %monthnum% = Menampilkan bulan, contoh 06
  • %day% = Menampilkan tanggal, contoh 19
  • %postname% = Menampilkan judul artikel
  • %post_id% = Menampilkan ID post, contoh 123
  • %category% = Menampilkan nama kategori yang digunakan.
  • %author% = Menampilkan nama author.

Kamu bisa menambahkan tag tersebut pada kolom Struktur Tersesuai. Setelah itu klik simpan, lalu secara ajaib URL kamu akan berubah.

Tips menentukan URL yang akan digunakan pada WordPress

Sebelumnya saya sudah membahas cara menggunakan Struktur Tersesuai. Sekarang saya akan menjelaskan sedikit panduan yang bisa kamu jadikan referensi ketika ingin membuat url permalink. Berikut tipsnya:

  • Gunakan struktur permalink yang sederhana, contoh http://idnextblog.com/judul-artikel
  • Jangan menggabungkan semua kata menjadi satu, gunakan tanda (-) atau ( _ ) sebagai pemisahnya.
  • Hindari penggunaan stop words (adalah, itu) pada url
  • Masukan keyword (kata kunci) pada url
  • Buatlah url sependek mungkin
  • Usahakan jangan pernah mengubah url karena berdampak buruk pada SEO, jika url ingin diubah gunakanlah redirect 301 ke url baru.
  • Jangan masukan angka ke dalam url
  • Jangan gunakan permalink jenis Numerik dan Biasa karena kurang SEO Friendly

Sebenarnya selain tips membuat URL permalink masih ada juga hal lain yang perlu kamu ketahui, yaitu lebih bagus pakai www atau tanpa www (klik untuk membaca panduannya).

Saya sendiri menggunakan url tanpa www karena lebih singkat dan lebih mudah diketik. Perlu diperhatikan jika kamu memilih url tanpa www pastikan versi url www domain tersebut telah kamu alihkan ke versi non www. Jika kamu tidak melakukan hal ini Google akan menganggapnya sebagai duplikat konten.

Contoh:

  • http://idnextblog.com
  • http://www.idnextblog.com

Google bisa saja menganggap dua domain tersebut berbeda, oleh karena itu segeralah alihkan versi url ke satu jenis saja. Kamu bisa mengaturnya pada halaman webmaster, silahkan klik link diatas untuk mengikuti tutorial lenkapnya.

URL Permalink WordPress untuk situs Berita

Berdasarkan artikel yang saya baca. Jika kamu ingin membuat sebuah situs berita seperti Liputan6, Kompas, Detik dan lainnya menggunakan WordPress, maka aturlah permalink seperti berikut.

/%postname%-%post_id%/

Hal itu disebutkan pada Persyaratan Pengiriman Berita Google.

Seorang engineer Google yang bernama Matt Cutts mengatakan bahwa ia seringkali menggonta – ganti permalink URL blog WordPressnya. Simak video berikut untuk penjelasannya.

[embedyt] https://www.youtube.com/watch?v=UbimY0exQIA[/embedyt]

Pada video tersebut ia tidak menyebutkan kelebihan jika menggunakan permalink yang singkat. Tetapi dia menyebutkann permalink seperti itu dapat membuat url terlihat sederhana.

Mulai dari sekarang kamu telah mengerti dan bisa mengatur URL permalink WordPress, gunakanlah jenis permalink yang menurut kamu paling SEO Friendly.

Sedikit tambahan jika kamu melakukan redirect 301 permanen pada url. Usahakan ubahlah juga seluruh link pada artikel yang pernah mengarah pada url sebelumnya. Dengan begitu kamu bisa terhindar dari broken link dan dampak buruk SEO lainnya.

Semoga artikel ini bermanfaat, jika kamu memiliki pertanyaan seputar dunia blogging silahkan kirim lewat halaman kirim pesan, dan jangan lupa untuk mengikuti ID Next Blog di Facebook, Twitter, dan Google Plus.

Terima kasih.

 

15 Comments on “Struktur URL paling SEO Friendly di WordPress”

  1. Memang wordpress sudah tidak perlu diragukan lagi gan ke optimisannya terhadap SEO kebanyakan artikel pageone dari wordpress sendiri kalo blogspot memang jarang dan cukup panjang sekali untuk dapat SEO friendly… 🙂

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *