7 Panduan menentukan nama domain

ilustarsi domain

 

Nama domain merupakan salah satu faktor penentu kesuksesan suatu blog. ┬áBisa di katakan nama domain adalah gambaran singkat blog tersebut. Oleh karena itu kita harus ekstra hati – hati ketika memilih nama domain tersebut.

Alangkah baiknya jika suatu blog memiliki nama domain tetap, maksudnya adalah tidak menggonta – ganti nama domain.

Sebenarnya tidak ada yang melarang kita untuk mengganti nama domain. Namun perlu diketahui dengan mengganti nama domain banyak hal buruk yang akan terjadi. Salah satunya adalah blog jadi kurang seo.

Oleh karena itu pada artikel kali ini saya akan memberikan beberapa tips yang bisa kalian jadikan referensi sebelum memilih nama domain.

7 cara mudah memilih nama domain blog

Biasanya sebelum membuat suatu blog kita kesusahan menentukann nama domain apa yang paling tepat untuk blog tersebut. Jangan khawatir saya punya beberapa cara mudah untuk memilih nama domain tersebut.

1. Mungkin .com adalah domain yang paling tepat

Ada banyak sekali TLD (top level domain) di dunia. Ada beberapa top level domain populer yang paling banyak di gunakan oleh orang – orang diantaranya .org, .net, .com, .co dan masih banyak lagi.

Diantara semua domain populer tersebut .com adalah domain yang paling banyak digunakan. Oleh karena itu saya menyarankan agar blog milik kalian menggunakan domain .com.

Alasannya adalah dengan domain .com blog kita akan terlihat lebih professional, lebih terpercaya. Selain itu domain .com juga banyak digunakan oleh perusahaan besar ternama, contohnya seperti:

  1. Facebook (facebook.com)
  2. Google (google.com)
  3. Microsoft (microsoft.com)
  4. Yahoo (yahoo.com)
  5. Amazon (amazon.com)

Kelima contoh tersebut menggunakan domain .com bukan?. Oleh karena itu maka gunakanlah .com jika ingin terlihat professional. Perlu diketahui .com merupakan nama domain yang paling mudah diingat oleh orang awam.

2. Gunakan ekstensi domain yang mewakili blog

Di atas saya sudah menjalaskan apa saja kelebihan domain .com. Namun ada beberapa jenis website yang menurut saya sangat tidak cocok jika menggunakan ekstensi domain .com.

Salah satunya adalah jika website yang kita miliki adalah sebuah situs organisasi, alangkah baiknya jika website tersebut menggunakan ekstensi domain .org.

Pada saat ini ada banyak sekali ekstensi domain unik yang bisa mewakili niche situs apa yang akan kita buat. Saya akan memberikan beberapa contohnya di bawah.

  1. Blog pribadi, (paling cocok menggunakan domain .me).
  2. Website fotografi (cocok menggunakan domain .photography)
  3. Website perusahaan (bisa menggunakan domain .com atau .co)

Sebenarnya masih banyak lagi ekstensi domain unik yang bisa mewakili niche. Jika ingin tau lebih banyak silahkan saja kalian cari di provider domain populer seperti GoDaddy atau Namecheap.

3. Usahakan buatlah nama domain yang singkat dan mudah di ingat

Saya sangat menyarankan ketika ingin memilih nama domain, usahakan buatlah nama domain sesingkat mungkin. Salah satu kelebihan jika nama domain singkat adalah website jadi lebih mudah di ingat.

Ada banyak contoh situs besar yang memiliki nama domain singkat dan mudah di ingat, diantaranya:

  1. facebook.com
  2. google.com
  3. detik.com
  4. youtube.com
  5. kompas.com

Kelima domain di atas adalah contoh domain yang singkat namun mudah di ingat. Umumnya domain singkat di atas hanya mempunyai dua suku kata, contoh: detik.com (de|tik), kompas.com (kom|pas), google.com (goo|gle).

4. Buatlah nama domain berdasarkan tema yang di bahas

Kamu kesusahan ketika memilih domain singkat?, tenang saja masih ada alternatifnya. Kamu bisa membuat nama domain yang mewakili tema / kata kunci / topik yang dibahas.

Sebagai contoh jika kamu ingin membuat situs jual beli komik online, gunakanlah nama domain belikomik.com. Alasannya adalah nama domain tersebut sudah mewakili tema websitenya yaitu tempat beli komik online.

Selain itu jika kita menggunakan keyword pada domain maka peluang website muncul di halaman pertama Google pun akan semakin besar.

Jika ada orang yang melakukan pencarian di Google dengan keyword “tempat beli komik online” maka peluang website kamu muncul di halaman pertama pun akan semakin besar.

5. Jangan gunakan tanda sambung (-) pada domain

Jika kamu ingin memilih domain yang mempunyai beberapa suku kata sebaiknya sambung saja langsung. Jangan gunakan tanda sambung, hal itu bisa membuat orang lain kesusahan ketika mengetik url blog kamu.

Selain menyusahkan, domain yang menggunakan tanda sambung seringkali di anggap spam.

6. Hindari penggunaaan huruf ganda pada domain

Sebaiknya ketika memilih nama domain usahakan hindari penggunaan huruf ganda, alasannya karena jika kalian menggunakan huruf ganda ada kalanya ada orang yang salah menuliskan url nya.

Misalnya domain milikmu bernama habibbank.com , seringkali pengunjung menulisnya sebagai habibank.com.

7. Usahakan nama domain harus unik dan original

Selain menghindari penggunakan huruf ganda, domain juga harus original. Kelebihan yang akan kita peroleh jika memakai domain unik dan original adalah blog kita akan menjadi mudah di ingat.

Perlu di perhatikan jangan gunakan nama domain yang sudah di pakai oleh blogger lain. Bisa – bisa kalian dituntut oleh penciptanya.

Tempat terbaik untuk membeli domain

Ada banyak sekali provider registar domain di dunia. Namun perlu kamu ketahui ada beberapa provider yang tidak segan – segan menipu konsumennya. Oleh karena itu kita harus hati – hati.

Namun kalian tidak perlu khawatir ada beberapa tempat terpercaya yang bisa kalian gunakan untuk membeli domain. Harga domainnya sangat terjangkau mulai dari Rp.14.000 sampai Rp. 150.000.

Tempat Rekomendasi membeli domain murah

Selain membeli domain kita juga bisa membeli hosting sekaligus. Bahkan beberapa provider di bawah ini juga menyediakan promo beli hosting gratis domain.

Jika kamu adalah blogger pemula saya sangat merekomendasikan tempat ini.

Niagahoster – Saya sangat merekomendasikan sekali provider ini, alasannya karena pelayanannya sangat professional sekali. Selain itu sudah ada banyak sekali testimoni pelanggan yang puas.

Mungkin cukup sampai di sini saja artikel kali ini. Semoga bisa bermanfaat untuk kamu yang ingin membeli domain baru.

Jika kamu punya pertanyaan seputar dunia blogging, silahkan saja kirim pesan di fanpage resmi blog ini.

Terima kasih.

2 Komentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*